Suplemen Untuk Ibu Hamil, Perlukah?


Suplemen untuk ibu hamil
Dalam beberapa iklan di media masa, saat ini semakin banyak ditawarkan beberapa suplemen untuk ibu  hamil.  Diantara suplemen untuk wanita hamil yang ditawarkan, disebutkan mengandung kalsium untuk pertumbuhan  dan pembentukan tulang dan gigi, dan  zat besi   untuk mencegah anemia pada ibu hamil. 

Sebenarnya,  benarkah ibu hamil  perlu mengonsumsi  suplemen demi kesehatan diri dan bayinya? Akankah  perkembangan bayi dalam  rahim  terganggu atau kurang sempurna  atau kurang  sempurna, bila si ibu tidak mengonsumsi suplemen?

Menurut dokter Annisah Sp.OG, pada dasarnya  apabila wania hamil sudah mengonsumsi  makanan secara seimbang, sehingga kebutuhan  gizinya  sudah tercukupi, maka ia tidak memerlukan  suplemen  tambahan lagi.  Idealnya, makanan yang dikonsumsi sehari-hari  oleh  ibu hamil  harus mengandung  semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. 

Zat gizi yang diperlukan oleh tubuh tersebut meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin  serta mineral. Masing-masing zat gizi tersebut memiliki fungsi  tertentu dalam tubuh. Oleh karena itu, bila salah satu  gizi itu tidak terpenuhi  dalam tubuh, maka  kerja tubuh  pun bisa terganggu.

Selain untuk kesehatan diri dan kehamilannya, ibu hamil juga  membutuhkan  berbagai zat gizi untuk pertumbuhan  dan perkembangan janinnya. Pola makan yang buruk  pada ibu  hamil  akan mengganggu  proses pertumbuhan janin.   Dalam pemenuhan segala kebutuhannya, janin masih  tergantung  sepenuhnya  pada sang ibu.  Karena itu, agar  kesehatan  ibu hamil  tetap prima dan janin  bisa tumbuh secara  optimal,  maka ibu  hamil  perlu memperhatikan pola makanan, yaitu yang bergizi seimbang.

Sumber: Majalah Nikah

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar