Terjadinya Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari  oleh bulan, sehingga  tidak semuanya  sampai ke bumi.  Peristiwa  yang merupakan  salah satu dinamisnya pergerakan  posisi matahari , bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan  baru dan dapat diprediksi sebelumnya. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama tahun  2013 ini  akan terjadi lima kali  gerhana. Ke lima gerhana tersebut adalah  dua kali gerhana  matahari dan tiga kali gerhana bulan.
Gerhana Matahari Cincin (GMC)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa akan terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Indonesia.  Peristiwa Gerhana MatahariCincin tersebut diprediksi akan terjadi pada tanggal 9 dan 10 Mei 2013.  Selain Indonesia, wilayah yang mengalami Gerhana Matahari Cincin pada Mei 2013 tersebut adalah  Samudra Pasifik,  Australia, Singapura dan Filiphina (bagian selatan). Untuk Indonesia  (kecuali Sumatera bagian utara)  dapat melihat peristiwa tersebut pada pagi hari tanggal 10 Mei 2013.

Menurut BMKG, untuk setiap fase di setiap lokasi  bisa berbeda dengan waktu-waktu tersebut.  Perbedaan tersebut  tergantung pada  posisi lokasi  pengamat di permukaan bumi dan posisi bulan dan matahari  nisbi terhadap  posisi pengamat.
Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari  oleh bulan, sehingga  tidak semuanya  sampai ke bumi.  Peristiwa  yang merupakan  salah satu dinamisnya pergerakan  posisi matahari , bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan  baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama tahun  2013 ini  akan terjadi lima kali  gerhana. Ke lima gerhana tersebut adalah  dua kali gerhana  matahari dan tiga kali gerhana bulan.
Gerhana matahari  yang terjadi di tahun 2013 adalah Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 9-10 Mei 2013 dan Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan terjadi pada 3 Nopember 2013.
Adapun gerhana bulan yang terjadi di tahun 2013 adalah Gerhana Bulan Sebagian yang  terjadi pada 25 April 2013, Gerhana Bulan Penumbra  pada 25 Mei 2013 serta Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi pada 18 – 19 Oktober 2013.

Masih menurut BMKG, untuk Gerhana  Matahari Cincin (GMC) pada Mei 2013 dapat diamati di Samudara Pasifik, ,  Australia, Singapura dan Filiphina (bagian selatan). Sedangkan di Indonesia (kecuali Sumatera bagian utara)   hanya bisa melihat  Gerhana  Matahari Cincin (GMC) tersebut  pada 10 Mei 2013 pagi hari.
Khusus di Indonesia awal gerhana  mulai bisa  diamati  Jumat pagi 10 Mei 2013 pukul 05.50 WITA di Manado, menyusul Kupang, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke dan Jayapura.

Puncak gerhana diprediksi  mulai tampak di Surabaya pukul 05.33 WIB, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin,  Samarinda,   Denpasar,  Mataram,  Kupang,  Manado,  Kendari,  Palu,  Makasar,  Ternate,  Ambon,  Sorong,  Manokwari,  Merauke dan Jayapura.

Sedangkan gerhana  terakhir bisa  dilihat di Padang pukul 6.12 WIB, Pekanbaru,  Jambi,  Bengkulu,  Palembang,  Bandar Lampung,  Jakarta,  Bandung,  Semarang, Yogyakarta,  Surabaya,  Pontianak,  Palangkaraya,  Banjarmasin,  Samarinda,  Denpasar,  Mataram,  Kupang,  Manado,  Kendari,  Palu serta  Makasar.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar