Tips Membuang Bulu Kepala Kambing

Kepala Kambing
Bila datang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, biasanya banyak mushola dan masjid menyembelih hewan qurban berupa kambing atau sapi. Memang menyembelih hewan qurban pada hari Raya Idul Adha adalah sunah rasul.   Ini tentu saja berlaku bagi mereka yang mampu. Bila belum mampu hendaknya tidak perlu memaksakan diri. Ukurannya 1 ekor kambing untuk 1 orang dan 1 ekor lembu atau sapi untuk 7 orang.  Maka tidak heran bila kemudian mendadak  muncul tukang jagal yang ahli dalam hal menyembelih dan menguliti kambing. Bagi yang belum terbiasa mungkin kesulitan bagaimana cara membuang bulu kepala kambing sebelum dimasak. Berikut  tips cara membuang bulu kepala kambing atau bulu kaki kambing.

Mencabut Bulu Kepala Kambing
Cara pertama adalah dengan mencabut bulu kepala kambing. Rebuslah air kurang lebih 3 liter hingga mendidih. Jika sudah mendidih segera masukkah kepala kambing ke dalam panci dan bolak-balik kepala kambing hingga semua bagian terkena air panas. Ini tidak boleh terlalu lama agar kulit tidak ikut terkelupas saat di cabut bulunya, kurang lebih 2 menit. Segera angkat panci dari kompor. Mulai mencabut bulu kepala kambing. Bila air sudah mulai dingin dan bulu kepala kambing agak susah dicabut, ulangi dengan menyiram air panas pada bagian bulu kepala kambing yang belum tercabut. Langkah terakhir adalah mengerok atau mencukur bulu-bulu halus yang masih tertinggal dengan silet atau cutter hingga bersih.

Mengerok Bulu Kepala Kambing
Cara ke dua adalah mengerok bulu kepala kambing.  Taruhlah kepala kambing di atas  bara api. Kerok bulu kepala kambing dengan pisau pada bagian yang gosong. Putar-putar  kepala kambing tersebut dan kerok hingga bersih. Kemudian cuci bersih kepala kambing yang telah dikerok dan rebus hingga daging lunak. Ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45 menit.  Setelah itu potong kecil-kecil kulit dan daging kepala kambing dan masak sesuai selera Anda.
Selamat mencoba!

3 comments:

  1. terima kasih Tipsnya.......aku baru belajar jual kambing aqiaqh (priyantoro ibrahim)

    ReplyDelete
  2. Trimakasih, ini sangat menolong saya dan mungkin banyak teman2 yang lain

    ReplyDelete
  3. tips yang sangat bagus,akan saya coba,trim

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar