Saturday, October 15, 2011

Mengatasi Kepala Pusing

Posted by Subadi Subadi at 6:17 AM

Sakit kepala  atau kepala pusing sering terjadi pada kita. bagaimana mengatasinya? Berikut adalah tips untuk mengatasinya sakit kepala.

Konsistensi Gaya Hidup
Jika   menderita ”sakit kepala akhir pekan”, anda perlu mengevaluasi ulang gaya hidup anda Anda.  Kebanyakan ahli percaya, penyebab pusing ini   akibat perubahan radikal gaya hidup.  Keluar terlalu lama di malam hari kemudian bangun siang (beda dengan biasanya) merupakan biang keladinya.  Untuk menghindarinya, cobalah menyamakan irama  kehidupan Anda  antara hari-hari kerja  dengan hari libur sehingga tidak terlalu drastis perbedaannya.
Seorang ahli saraf member saran, “Pada akhir pekan, perubahan  radikal ritme  tubuh dari tegang terus-menerus  ke betul-betul rileks merupakan penyebab utama kepala pusing akhir pekan.  Orang cenderung  migraine  janganlah “melembur tidur” (bangun lebih siang daripada biasanya”!
Kepala Pusing

Batasi Kafein
Jika anda sudah minum kopi, mungkin Anda mengalami  sakit kepala atau kepala pusing akibat kafein. Kafein adalah senyawa yang bersifat adiktif  yang makin banyak tubuh menerima makin banyak ia diperlukan.  Sakit kepala sebagai  dampak kafein ini paling sering terjadi setelah bangun pagi.
Peminum kopi berat  (lebih dari enam cangkir  sehari)  harus mengatur  pengurangan  asupan kopinya, karena akan berpengaruh  pada adrenal, hati  dan organ tubuh lain. Penghentian mendadak  kopi dapat memicu  terjadinya sakit kepala.  Sehingga, obat kepala jenis ini adalah mengurangi kafein secara berangsur. Cobalah mulai ganti  kafein  dengan kopi   yang telah dihilangkan kafeinnya, teh herbal atau soda tanpa kafein.

Perlu Emosi Sesaat
Orang yang mengalami depresi, cemas atau frustasi cenderung lebih gampang pusing ketimbang yang merasa senang, suka cita, dan menyukai kehidupannya.  Karena itu cobalah menjadi individu yang lebih positif dan qonaah.  Bila ada masalah, datang saja ke psikolog atau ustadz yang paham agama.  Untuk bisa memberi solusi permasalahan Anda.  Atau Anda belajar untuk menjalani hidup anda dengan  senang hati dan ikhlash.  Pada dasarnya semua orang mempunyai permasalahan sendiri-sendiri. Belajarlah untuk menerima hidup anda dengan perasaan ridlo dan ikhlash. Ini akan membuat hati Anda tenang dan tentram.  Insyaallah   Anda akan terbebas dari sakit kepala.

Rutin Berolahraga
Cara ini adalah yang paling moderat.  Olahraga rutin (15 menit per hati, atau 4 hari per minggu) mampu membebaskan  sakit kepala atau kepala pusing. Jalan, jogging, sepeda santai dan aerobic akan menyembuhkan sakit kepala paling bandel sekalipun, karena  aktivitas ini dapat menambah aliran oksigen ke otak.

Dengan Pijat Kepala
Cara meringankan sakit kepala atau kepala pusing lainnya, bisa dengan pemijatan.  Mintalah bantuan  tukang pijat , saudara, isteri atau suami  untuk memijat kepala Anda sehingga Anda bisa rileks.  Pemijatan dilakukan dengan menggunakan  sentuhan ringan dan gerakan  melingkar  kecil sekitar 5 – 7 detik pada setiap titik pijatan.  (Sumber: Majalah Nikah Vol. 3 No. 2).

0 comments:

Post a Comment

About

Seorang Blogger biasa yang masih banyak belajar dan belajar. Kata Bu Guru saya kita harus banyak belajar, belajar, belajar, praktek, praktek dan praktek.
 

Copyright © 2011 Subadi and The Journey | Design by Kenga Ads-template