Mengatasi Hidden File setelah Scan Virus


Saya menyimpulkan bahwa sebenarnya file saya tersebut tidak hilang tapi tersembunyi atau hidden file akibat scan virus.  Bagaimana mengatasi hidden file setelah scan virus tersebut?
Command Prompt untuk mengatasi Hidden File
Suatu saat flashdisk punya saya terkena virus.  Sadar akan bahaya virus terhadap komputer, saya segera menscan virus dengan antivirus favourite saya Avira.  Virus sudah teratasi tapi ada masalah baru yang timbul.  Beberapa file mata kuliah yang terkena virus hilang  beserta   foldernya.  Ketika file yang hilang tersebut saya   copykan lagi dari  komputer ke flashdisk ternyata ada pesan “Do You will replace…..”  Saya menyimpulkan bahwa sebenarnya file saya tersebut tidak hilang tapi tersembunyi atau hidden file akibat scan virus.  Bagaimana mengatasi hidden file setelah scan virus tersebut?

Tidak mau pusing berkepanjangan, saya segera   googling…….  Akhirnya  ketemulah  cara mengatasi masalah hidden file akibat virus. Cara mengembalikan file yang di hidden oleh virus itu gampang sekali karena itu bisa di lakukan tanpa menggunakan software ataupun antivirus.   Kita hanya menggunakan CMD atau Command Prompt bawaan sistem operasi kebetulan saya menggunakan windows 7.   Jadi langkah-langkah mengembalikan hidden file adalah sebagai berikut ini untuk mengembalikan  tersebut:
Cara berikut ini sama saja ketika anda ingin mengembalikan file yang di hidden oleh virus di flashdisk anda, oke langsung saja berikut ini caranya:
- Masuk ke Command Prompt dengan cara Klik Start lalu pilih run kemudian dalam kotak run anda tulis dengan CMD.
-  Anda juga bisa masuk ke Command Prompt  dengan klik menu command prompt tersebut dari folder accessories  setelah  menu Start.
- Setelah jendela Command Prompt keluar maka selanjutnya sobat tinggal ketikkan nama drive flasisk/memory card anda yang diikuti dengan tanda : contohnya: drive flashdisk/memory card anda F maka anda ketikkan F: lalu tekan enter.
- Kini anda berada di dalam drive flashdisk anda, kemudian ketikkan dir lalu tekan enter kemudian lihat hasilnya sudah muncul atau belum file yang anda cari? Jika belum maka ketikkan dir/a kemudian tekan enter kembali lihatlah apakah file atau folder yang anda sekarang sudah terlihat?
-Jika sudah terlihat maka langkah selanjutnya adalah ketikkan attrib –s –h –r /s /dtunggu beberapa detik setelah muncul drive flashdisk pada jendela Command Prompt anda misalnya F:\> maka proses pengembalian file atau folder telah selesai. Selamat Mencoba....
Keterangan:
attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
-s = menghilangkan atribut System File
-h = menghilangkan atribut Hidden File
-r = menghilangkan atribut Read Only File
/s = sub directory
/d = directory
dir = melihat isi dari sebuah directory
dir /a = melihat isi dari sebuah directory beserta atribut file nya juga berfungsi untuk menampilkan file hidden.
Atau :  attrib *.* -s –h –r /s /d

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar