FE Uniwa Adakan Study Excurse di Agro Tawon Rimba Raya Malang


Bp. Haryono menerima cinderamata dari FE Uniwa
Pada tahun 2012 ini program Study Excurse  mahasiswa FAKULTAS EKONOMI UniversitasWahidiyah  FE Uniwa,  dilaksanakan di Malang.  Agro Tawon Rimba Raya merupakan rangkaian kunjungan Study Excurse mahasiswa FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS WAHIDIYAH - FE Uniwa- berikutnya. Agro Tawon Rimba Raya Malang milik Bp. Hariyono ini telah berdiri sejak tahun 1979, dengan usaha awal sekitar 10 kotak rumah lebih. Sekarang sudah mencapai ratusan kotak rumah lebih dan mampu memproduksi bermacam-macam produk madu. Produk-produk madu tersebut berasal dari 4 komponen utama produk lebih yaitu : Madu, Bee Polen, Royal Jelly dan Propolis.

Studi eksekursi   atau Study Excurse atau Study Excursion   merupakan rangkaian kegiatan kunjungan mahasiswa ke perusahaan, Badan Usaha, Lembaga lainnya dengan tujuan untuk menambah cakrawala dan wawasan  mahasiswa khususnya yang berhubungan dengan program studi yang diambilnya. Fakultas Ekonomi Universitas Wahidiyah telah  mengadakan kegiatan ini setiap tahun sejak tahun 1998 dengan mengambil lokasi yang berbeda-beda. 

Menurut Bpk. Hariyono, owner Agro Tawon Rimba Raya, produksi madu akan mencapai puncaknya pada musim bungaraya yakni sekitar bulan Mei sampai Nopember. Produk madu pada bulan-bulan tersebut mensuplay lebih dari 70 % produksi madu dalam setahunnya. Namun semuanya tergantung dengan kondisi musim. Bila pada bulan-bulan tersebut cuaca tidak menentu misalnya terlalu banyak hujan atau kurang hujan maka produksi madu akan turun drastis, dan potensi kerugian akan besar.

Usaha madu sebenarnya tidak memerlukan  banyak biaya. Berbeda dengan peternakan yang harus menyediakan pakan ternak, untuk usaha madu ini urusan pakan lebah akan mencari sendiri.
Kita hanya menyediakan lahan yang berbunga. Bunga yang dapat disediakan bermacam-macam seperti, randu, tanaman kelengkeng, kurma, kuningan dll. Bila lahan kita tidak cukup, kita dapat menyewa lahan di tempat lain di luar kota. Rumah lebah dapat kita gembala atau kita pindahkan ke lahan sewa tersebut. Biaya trasnportasi ialah satu-satunya biaya yang besar dalam usaha madu. Maka bila seseorang tidak suka pergi ke luarkota sebaiknya jangan mencoba untuk usaha madu, karena lebah akan pergi bila sudah kehabisan persediaan bunga di sekitarnya. (Jawa : minggat). Area bunga yang dapat di jangkau oleh lebah mencapai radius 2 km.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar